Download Aplikasi Rapor K13 (Kurikulum 2013) Revisi 2018 Jenjang SD

Download Aplikasi Rapor K13 (Kurikulum 2013) Revisi 2018 Jenjang SD - Hallo sahabat Ini-Pedia, Anda berada dihalaman kami dengan sajian Artikel berjudul Download Aplikasi Rapor K13 (Kurikulum 2013) Revisi 2018 Jenjang SD.

Download Aplikasi Rapor K13 (Kurikulum 2013) Revisi 2018 Jenjang SD
Download Aplikasi Rapor K13 (Kurikulum 2013) Revisi 2018 Jenjang SD

lihat juga


Download Aplikasi Rapor K13 (Kurikulum 2013) Revisi 2018 Jenjang SD

Berikut ini uraian singkat memaknai kurikulum 2013, dari berbagai sumber yang saya dapatkan :

Perubahan Paradigma kurikulum 2013 :
Kurikulum 2013 merupakan sebuah pembelajaran yang menekankan pada aspek afektif atau perubahan perilakku dan Kompetensi yang ingin dicapai adalah kompetensi yang berimbang antara sikap, keterampilan, dan pengetahuan, disamping cara pembelajarannya yang holistik dan menyenangkan.

Pendekatan Pembelajaran :
Kurikulum 2013 untuk SD, bersifat tematik integratif dantingkat SMP & SMA (Kompetensi dikembangkan melalui: Mata pelajaran); sedangkan tingkat SMK (Kompetensi dikembangkan melalui: vokasional). Semua mata pelajaran menggunakan diajarkan dengan pendekatan yang sama yaitu menggunakan pendekatain saintifik, yang menggunakan 5 M yaitu: 
  1. Mengamati,
  2. Menanya, 
  3. Mengumpulkan Informasi, 
  4. Menalar dan Mengkomunikasikan.
Image result for apa rapor k13
Direktorat Pembinaan SD telah resmi meluncurkan aplikasi penilaian Kurikulum 2013. 

Aplikasi Rapor K13 SD ini dapat digunakan oleh sekolah untuk melakukan penilaian terhadap siswa. Aplikasi ini terhubung dengan dapodik sekolah, oleh karena itu, hanya bisa dipasang pada komputer yang memiliki dapodik sekolah. User dan password default dari aplikasi ini adalah nomor nuptk dari guru sekolah.
Setelah berhasil login, harap segera mengganti password sesuai buku panduan.
Sebelum bisa digunakan, aplikasi harus pertama kali di sinkronisasi dengan dapodik melalui menu Tools | Sinkronisasi , klik tombol sinkronisasi semua.

Deskripsi :
Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 SD Aplikasi ini dapat digunakan oleh sekolah untuk melakukan penilaian terhadap siswa.Aplikasi ini terhubung dengan dapodik sekolah, oleh karena itu, hanya bisa dipasang pada komputer yang memiliki dapodik sekolah.

  1. Aplikasi Rapor dapat dipergunakan untuk menampung kompetensi dasar dan indikator yang di organisasikan per sub tema, per tema dan per kelas.
  2. Sebagai data awal, aplikasi ini sudah dilengkapi dengan kompentensi dasar dan indikator sebagaimana tercantum pada buku guru.
  3. Apabila diperlukan, guru dapat menambahkan kompentensi dasar dan atau indikator yang diperlukan untuk memperkaya pembelajaran.
    Apabila kompentensi dasar atau indikator yang ditambahkan tersebut tidak diperlukan lagi, dapat dihapus dari daftar kompentensi.
    Guru tidak dapat menghapus kompentensi dasar yang telah disiapkan sebagai data awal aplikasi ini.
  4. Aplikasi Rapor menampung nilai hasil proses pembelajaran.
  5. Nilai yang ditampung oleh aplikasi Rapor ini adalah nilai untuk indikator pada tiap kompetensi dasar.
  6. Aplikasi Rapor akan mengolah nilai indikator menjadi nilai kompetensi dasar.
  7. Aplikasi Rapor akan menyeleksi kompetensi dasar yang menonjol positif dan negatif untuk tiap siswa.
  8. Aplikasi Rapor akan mencetak deskripsi kompentensi dasar sesuaibutir 4.
  9. Sebelum dijalankan, aplikasi ini harus disinkronkan terlebih dahulu dengan dapodik untuk pengisian data sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan (ptk), rombel dan siswa.

Lisensi :
  1. Aplikasi ini adalah aplikasi tidak berbayar untuk sekolah.
  2. Tidak diperkenankan melakukan reverse engineering, perubahan kode sumber, pemaketan ulang, pada keseluruhan komponen aplikasi ini.
  3. Tidak diperkenankan menyebar luaskan data data yang di simpan ataupun digunakan oleh aplikasi ini ke luar sekolah yang bersangkutan.
  4. Penggunaan dan pemanfaatan aplikasi ini tunduk pada hukum yang berlaku di Indonesia dan Internasional
Image result for apa rapor k13

Seperti yang diketahui ada dua pedoman atau dasar dalam membuat laporan penilaian kali ini berbeda dengan semester satu tahun sebelumnya. Pertama adalah Permendikbud nomor 24 tahun 2016 yang berisi pembagian KI dan KD. Berikutnya adalah Buku Panduan Penilaian yang dikeluarkan akhir tahun 2016 lalu dan mulai diberlakukan mulai 2017 ini.

Banyak Aplikasi Raport K13 SD kelas 1 dan 4 yang sudah menggunakan edisi revisi. Namun tidak semua aplikasi raport tersebut mudah dijalankan. Beberapa diantaranya malah susah digunakan untuk kalangan awam.

Oleh karena itu aplikasi cetak raport K13 ini di desain dengan sangat mudah dan bisa digunakan siapa saja. Logo sekolah dan sebagainya bisa diganti. Bahkan tanpa di protek sekalipun. Aplikasi raport K13 ini merupakan buah produksi dan kreatifitas dari guru SD Kartika IV 7 Malang. Untuk lebih detilnya bisa disimak di bawah ini.

Keunggulan dan Fitur Aplikasi Raport K13 SD Kelas 1 dan 4
1. Mudah Digunakan
APlikasi Raport Kurikulum 2013 SD kelas 1 dan 4 ini sangat mudah digunakan bahkan untuk yang masih awam terhadap komputer sekalipun. Pengguna tinggal memasukkan data siswa dan nilai.

2. Sudah tersedia Deskripsi
Pengguna tidak perlu memasukkan KD dan KI. Karena dalam aplikasi ini sudah dilengkapi KD dan deskripsi.

3. Tidak Terprotek
APlikasi ini merupakan aplikasi raport kurikulum 2013 tanpa protek. Sehingga pengguna bisa mengubah dan mengedit sesuai dengan kebijakan sekolah.

4. Sesuai dengan pedoman dan Peraturan yang berlaku
Aplikasi Raport Kurtilas SD kelas 1 dan 4 ini sudah berdasarkan revisi 2017. Artinya kolom dan tampilan serta kontennya juga sudah sesuai dengan Buku Pedoman Penilaian dan Permendikbud Nomor 24 tahun 2016 tentang KI dan KD.

Keunggulan dan fitur raport tersebut sudah lengkap. Pengguna juga tinggal download Aplikasi Raport K13 SD kelas 1 dan 4 di bawah ini.

Jika sudah setuju silahkan download aplikasinya di :
Aplikasi Raport Kurikulum 2013 SD Kelas 1 - DOWNLOAD
Aplikasi Raport Kurikulum 2013 SD Kelas 4 - DOWNLOAD


tag: aplikasi rapor k13 2018


Demikianlah Artikel Download Aplikasi Rapor K13 (Kurikulum 2013) Revisi 2018 Jenjang SD

Sekian kupasan dari Download Aplikasi Rapor K13 (Kurikulum 2013) Revisi 2018 Jenjang SD, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua.

Anda sedang membaca artikel Download Aplikasi Rapor K13 (Kurikulum 2013) Revisi 2018 Jenjang SD dan artikel ini url permalinknya adalah http://ini-pedia.blogspot.com/2018/02/download-aplikasi-rapor-k13-kurikulum.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Popular Posts